Selasa, 05 April 2011

Batik dan Pekalongan


SELAYANG PANDANG PEKALONGAN


Dalam salah satu versi dikatakan bahwa Pekalongan berasal dari kata HALONG-ALONG yang artinya hasil yang berlimpah. Pekalongan disebut juga dengan nama Pengangsalan yang artinya pembawa keberuntungan.
                                                                      
Pekalongan adalah salah satu kota/kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di Pantura Jawa. Pekalongan dibagi menjadi dua teritorial yaitu kabupaten dan kota Pekalongan. Secara geografis Pekalongan dibatasi oleh Kota Pemalang dan Batang.Kab/Kota Pekalongan adalah daerah perpaduan dataran rendah disebelah utara dan dataran tinggi di bagian selatan.

Batik

Seperti yang telah kita ketahui selama ini, bahwa Pekalongan dikenal dengan “Kota Batik” mempunyai peran yang sangat besar dalam perkembangan ekonomi khususnya di Pekalongan. Coraknya yang khas, beragam serta berkembang menjadi modern dan trend menjadikan batik Pekalongan semakin dikenal dan diminati bahkan sampai ke mancanegara (Amerika, Jepang, Timur Tengah, Korea dan Cina).

Industri konveksi di Pekalongan menyumbang cukup besar dalam industri batik maupun pakaian di kota-kota besar.Rata-rata konveksi berupa industry rumah tangga. Hal ini mendorong perkembangan ekonomi di Pekalongan.

Kerajinan Serat

Selain batik Pekalongan juga dikenal dengan kerajinan serat.  Namun, produk ini tidak seterkenal batik. Dengan bahan berupa enceng gondog, pelepah pisang, gedebog pisang, serat nanas serta serat alami lainya telah dapat dihasilkan produk-produk alami seperti tas, baju,interior rumah oleh para pengusaha rumah tangga.

Industri Pengolahan Ikan
In
Pekalonagn terletak di pesisir utara Jawa Tengan.  Sehingga Pekalonagn juga menghasilkan produk kelautan yaitu ikan.  Utamanya adalah industri pengolahan ikan.  Industri pengolahan ikan adalah salah satu sektor andalan Pekalongan.Sektor ini terdiri dari pengalengan ikan, penggaraman, pengalengan, pengolahan dan pengawetan ikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar